jump to navigation

Tips Ampuh Usir Kantuk Di Kala Kerja 13 Juli 2011

Posted by jihadsabili in tips.
trackback

Tips Ampuh Usir Kantuk Di Kala Kerja

Apakah Anda pernah tertidur di tempat kerja? Entah saat sedang asyik mengetik di meja kerja Anda, ketika duduk di kantin sambil menikmati makan siang, ketika bengong menunggu klien atau ketika Anda benar-benar tak dapat menahan rasa kantuk akibat begadang semalaman.

Akan sangat merugikan bagi Anda jika hal ini Anda biarkan, apalagi jika tiba-tiba atasan Anda memergoki Anda sedang tertidur pulas dan pekerjaan Anda terbengkalai, jangan salahkan jika atasan Anda menyuruh Anda push up, atau memberikan peringatan keras pada Anda.

Apakah kopi adalah solusi satu-satunya untuk mengusir kantuk saat bekerja? Ternyata tidak. Bagi yang tidak suka kopi, atau tak bisa minum kopi untuk bisa tetap terjaga, lakukan langkah mudah dengan keluar dari ruangan dan menghirup udara segar 20 menit. Tindakan ini memiliki efek yang sama dengan minum secangkir kopi.

Para peneliti meyakini alam punya efek seperti kafein yang membuat orang kembali segar.

“Alam adalah energi yang baik untuk jiwa,” kata Professor Richard Ryan, psikolog dari University of Rochester, New York yang melakukan penelitian ini seperti diberitakan dari Telegraph.
Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of Environmental Psychology. Disebutkan ikatan antara alam dan tubuh manusia membuat seseorang merasa lebih hidup ketika menghirup udara segar.

“Sering kali ketika merasa lelah kita mengambil secangkir kopi, tapi ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi dengan kembali berkoneksi dengan alam,” kata Professor Richard.

Professor Richard dan timnya melakukan 5 penelitian yang berbeda terhadap 537 partisipan dalam berbagai situasi baik ketika berada di dalam gedung maupun di alam terbuka. Kemudian peneliti mengukur tingkat energi dan suasana hati partisipan sepanjang hari saat melakukan berbagai aktivitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan merasa lebih energik ketika membayangkan dirinya berada di luar ruangan dan mengalami peningkatan vitalitas ketika hanya 20 menit di udara terbuka.

“Orang-orang yang memiliki vitalitas besar tidak hanya memiliki banyak energi tapi juga fisiknya lebih tahan terhadap penyakit,” kata Professor Richard.

Dia menyarankan agar orang lebih banyak menghabiskan waktu di alam untuk kesehatannya karena alam memiliki hubungan yang alami dengan makhluk hidup. Pernahkah Anda merasa bahwa Anda sedang mengalami a very bad day at work? Boss yang seenaknya memajukan deadline, rekan kerja yang melakukan kesalahan yang sama berulang kali, pekerjaan yang mendadak harus direvisi ulang, lift yang mati sehingga Anda harus ngos-ngosan naik tangga untuk mencapai kantor, entah mengapa semua kejadian tersebut memilih hari yang sama untuk muncul dalam keseharian rutin di tempat kerja Anda.
Apakah hal-hal tersebut merusak mood untuk bekerja? Tentu saja, hal yang wajar jika hal tersebut membuat Anda jadi ogah-ogahan atau kehilangan semangat untuk bekerja. Namun sebagai seorang professional, selayaknya hal tersebut tidak dijadikan halangan untuk tetap produktif. Bagaimanapun Anda tetap harus menjalani hari kerja itu sebagai seorang professional dengan kinerja yang baik. ‘Nah, bagaimana cara mengembalikan mood agar Anda bisa bekerja dengan semangat lagi?
Minuman berkafein memang dapat mencegah rasa kantuk. Namun Anda patut mewaspadai efek sampingnya, mulai dari memangkas waktu tidur, mengganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur Anda.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa tetap “melek” secara alami? Ada baiknya Anda mencoba 12 cara berikut ini :

1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak
Dalam sebuah studi populer, Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, Long Beach, mempelajari apakah orang-orang lebih bersemangat dengan makan permen atau berjalan-jalan cepat 10 menit.

Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

Jika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

2. Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan
Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

3. Pilih cemilan yang sehat
Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti:
1. Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
2. Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
3. Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.

4. Ngobrol dengan rekan kerja
Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. “Bicaralah dengan rekan kerja tentang bisnis, politik, atau agama. Ini akan menjadi perangsang yang kuat terutama pembicaraan tentang politik,” kata Krakow, Direktur Medis dari Maimonides Seni Tidur dan Ilmu Pengetahuan, Ltd di Albuquerque.

5. Bikin ruang kerja lebih terang
Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

6. Tarik nafas dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :

* Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.
* Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu detik. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda dapat melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit.

7. Menepilah saat mengantuk ketika mengemudi
“Mengemudi sambil mengantuk sama bahayanya dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol,” kata Siebern. Triknya, Anda dapat membuka jendela dan menyalakan musik keras. “Gantikan posisi anda yang mengemudi dengan orang lain atau menepilah dan tidur hingga kantuknya hilang,” kata Siebern.

Jika Anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhenti setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar.

8. Alihkan tugas untuk stimulasikan pikiran
Pada 2004, peneliti Finlandia mempelajari orang-orang yang bekerja shift malam (jam 12).  Mereka menemukan bahwa pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. Cobalah melakukan tugas yang berbeda di rumah atau di tempat kerja saat mengantuk. Atau beralih ke tugas lain yang lebih menarik ketika Anda merasa mengantuk.

9. Minum air
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

10. Tidur siang sejenak hilangkan kantuk
Menurut Barry Krakow, MD, penulis Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night, ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur siang: Jangan tidur siang lebih dari sekali, atau mendekati waktu tidur Anda. “Tidurlah antara 5 sampai 25 menit,” kata Barry.

Waktu tidur siang sebaiknya enam atau tujuh jam sebelum Anda biasa akan pergi tidur. Jika Anda ingin istirahat hampir saat jam tidur, istirahatlah lebih pendek.

Jika Anda perlu tidur siang di tempat kerja, lebih baik jangan tidur di meja. Beberapa perusahaan menyediakan kamar tidur bagi karyawan. Atau anda dapat melatih selama liburan dengan jam alarm untuk memastikan anda bangun tepat waktu.

“Jika Anda tidak dapat tidur, beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau lebih,” kata Allison T. Siebern, PhD, dari Stanford University Sleep Medicine Center di Redwood City, California.

11. Udara siang mengatur siklus tidur
Cobalah untuk menghabiskan setidaknya 30 menit sehari di bawah sinar matahari alami. (Bagi penderita insomnia, para ahli merekomendasikan untuk  tidur pada jam matahari pagi bersinar). Berjalanlah keluar untuk menghirup udara segar sekaligus memulihkan kembali indera Anda.

12. Olahraga
Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

Cobalah berolahraga selama 30 menit sehari. Jika Anda memutuskan berlatih keras dalam beberapa hari, kemungkinan tingkat energi Anda akan menurun dan baru pulih dalam beberapa jam kemudian. Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam waktu dua jam setelah latihan berat untuk mengganti hilangnya energi di awal latihan. Pastikan untuk menyelesaikan latihan beberapa jam sebelum waktu tidur sehingga Anda mengantuk saat mencoba tidur.

Kapan perlu ke dokter?
Jika Anda tak bisa berhenti mengantuk, waspadalah! Konsultasikan dengan dokter atau spesialis tidur. Mungkin Anda memiliki gangguan tidur seperti kantuk berlebihan atau narkolepsi. Jika Anda sulit tidur karena stres atau alasan lain, terapi perilaku kognitif dapat membantu mengembangkan kebiasaan tidur yang baik dan mengurangi kecemasan tidur.
Take a deep breath lalu asingkan diri Anda sebentar. Pergilah ke kamar kecil, jalan keluar kantor untuk beberapa saat. Terimalah kenyataan bahwa mood Anda saat ini sedang buruk karena hal-hal buruk sedang terjadi secara beruntun pada diri Anda. Berikan diri Anda waktu untuk menenangkan diri. Selain itutime out seperti ini akan menghindarkan diri Anda untuk melakukan atau mengatakan sesuatu yang bisa membuat Anda menyesal nantinya.
Ingatlah hal-hal menyenangkan yang pernah terjadi atau hal yang Anda nanti-nantikan. Seperti report Anda yang dipuji oleh boss, jalan-jalan weekend minggu lalu, sesi karaoke bersama keluarga Sabtu ini. Lalu bersyukurlah bahwa Anda pernah diberi kesempatan untuk mengalami hal itu semua.
Bergeraklah! Lakukan olah raga ringan seperti lompat tali, bernafas lebih dalam dan teratur, jalan cepat di waktu makan siang atau kalau sempat, cobalah berlatih sebentar di gym. Endorphins yang dilepaskan oleh tubuh adalah cara alami untuk memulihkan mood.
Tersenyumlah selama beberapa detik. Mungkin terasa sangat dipaksakan, namun hal ini bisa membantu mengirimkan pesan ke otak Anda bahwa hari Anda ternyata tidak ‘sebegitu’ jeleknya. Bayangkan hal-hal indah selama Anda tersenyum. Hal ini akan mengalihkan pikiran Anda dari segalabad mood.
Promise yourself a treat. Setelah hari buruk ini berlalu, manjakan diri Anda secara sederhana. Hal tersebut bisa 1 jam pijat di salon langganan, 1 cone es krim favorit Anda atau hal-hal lain yang menyenangkan bagi Anda. Hal sederhana seperti ini bisa membantu mengembalikan mood Anda seperti semula karena membuat Anda bersemangat melewatkan hari ini untuk mendapatkan treat Anda.
Tertawa. Inilah obat terbaik dan tercepat mengembalikan mood. Cobalah ke YouTube dan cari video-video lucu, email teman-teman Anda dan minta mereka memforward email humor terbaik yang mereka punya.
Dengarkan lagu. Tentunya bukan lagu sedih tentang patah hati, melainkan lagu-lagu yang bisa membuat Anda melupakan ‘kesialan’ Anda, senang, bergairah dan bersemangat melanjutkan hari dengan produktif.
Bertekadlah bahwa bad mood akan diselesaikan hari ini juga. Niat memegang peranan penting karena akan memicu Anda untuk kembali kepada mood ceria Anda yang sangat dibutuhkan untuk kinerja kerja sehari-hari.
Jangan menyalahkan orang. Saat keadaan tidak sesuai dengan keinginan Anda, cara termudah memang menyalahkan orang lain. Tapi percayalah bahwa hal ini tidak akan memperbaiki mood Anda, bahkan pada akhirnya bisa membuat Anda justru merasa bersalah dan akan menambah buruk mood yang sudah terlanjur jelek.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: