jump to navigation

kenapa saya belum menikah?? 13 Juli 2011

Posted by jihadsabili in cinta, munakahat, Uncategorized.
trackback

kenapa saya belum menikah??


subhanallah… semua dalam genggaman Allah… Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia…

subhanallah… dari sekian banyak email yang masuk setiap hari, dan teman-teman yang berpapasan di jalan banyak yang bertanya… kenapa saya belum menikah?? saya jawab “nanti insya Allah saya tulis di catatan fb”, atau sebagian yang lain saya jawab “belum punya duit”, kamu mau nambahin memangnya??”… widih ketika saya jawab “belum punya duit” rame deh panjang lebar debat… “gimana sih mas edi??, mas edi kan yang mengajarkan kepada kami kalau segala sesuatu make Allah bukan make duit…!!” he2… saya iseng jawab “blm punya duit buat nikah” (saya berlindung kepada Allah dari berharap kepada makhluk, padahalkan niatnya saya gini “kalau kamu mau dibantu sama Allah, maka bantulah saudaramu, niscaya Allah akan membantumu dalam urusanmu”, gitu… kan lumayan siapa tahu aja nanti saya digolongkan oleh Allah kepada orang-orang yang menebarkan kebaikan…. (mudah-mudahan temen-temennya gak pada su’udzon yah… amin). maka jawaban yang tepat untuk orang yang bertanya kenapa saya belum menikah gini… cuma satu jawaban “Allah belum menyetujuinya” titik atau “belum waktunya” titik.

buat temen-temen yang memang belum menikah dan memang ngebet banget kepingin menikah gini trik nya…
1. “gak usah khawatir…, kambing aja yg gak mandi menikah tuh!!, masa kita manusia… yang mandi, yang beribadah kepada Allah, nurut sama Allah, gak dikasih jodoh?? gak mungkin lah…”
2. “tenang aja…, semua orang menikah kok!!, tidak ada orang yang tidak menikah, orang jelek menikah, orang cacat (cacat menurut kita) menikah, kecuali orang-orang yang memang tidak mau menikah…, seperti “biksu, pendeta dll yg gak mau menikah..”, yang jadi permasalahannya gini… “kok lama yah??, gak tahan nih, gimana dong?”, jawabannya gini : “ini lah ujian buat kita, ujian kesabaran…, pohon mangga juga klo belum matang, kita petik lalu kita makan rasanya pahit dan kecut…, biarlah Allah mematangkan diri kita dulu sampai akhirnya kita bisa membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, wa rahmah…, berapa banyak orang yang menikah tidak bertahan lama, lantaran mereka belum matang untuk menikah??, maka tugas kita adalah sibuk aja dan menyibukan diri muhasabah ke Allah, nanti Allah yang bimbing kita untuk dapat menikah dengan Kekuasaan Allah.

memang benar…. saya lah edi sutisna (facebooknya : http://www.facebook.com/ed i.sutisna.kerens) adalah salah satu orang yang menganjurkan “segala sesuatu jangan make uang, tapi make Allah…, biar cepet dan sudah saya rasakan sendiri… ‘ini adalah ilmu buat saya’ dan ini juga anjuran dari para guru saya…

karena dalam hal ini “masalah menikah”…. maka menikahlah dengan menggunakan Allah, meminta pertolongan Allah biar cepet… “loh mana dalilnya mas…??, nih dalilnya… :”Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia… ” tuh (Qs.Yaasiin : 82)… kalau Allah sudah berkehendak maka “jadilah” cepet kan??

yang jadi permasalahannya gini mas… bagaimana caranya agar Allah berkehendak??… “wah pertanyaan bagus tuh…!! he2″ (loh kok ini seperti ngomong sendiri yah??, “iya… he2.., biar gak sepi, habisnya kamu sih bisanya cuman baca doang, gak mau koment!!, atau ngasih apa kek buat penyemangat… ^_^, “loh kok panjang mas??”, eh maap… ^_^).

trik nya gini biar Allah berkehendak….:
waktu saya kecil…, sering kali (berarti berkali-kali, bkn satu kali) ketika saya menginginkan sesuatu kepada orang tua saya…, saya ingin mainan mobil-mobilan…, tentu saja saya gak punya duit untuk membeli mobil-mobilan karena saya belum ada duit (atau penghasilan deh)… nah… saya gunakan cara ini… “saya beli mobil-mobilan tidak memakai duit loh, tapi memakai orang tua saya…”, tentunya ibu saya yang berkuasa memegang keuangan di dalam rumah tangga saya…, (karena saya waktu itu belum kenal tauhid, maka cara ini yang saya pakai)…

gimana caranya supaya ibu saya berkehendak membelikan saya mobil-mobilan??, saya berusaha mengambil ‘hati’ ibu saya…, bagaimana caranya agar ‘hati’ ibu saya bisa terambil??, tentu nya saya harus nurut kepada perintah-perintah ibu saya, tidak membangkang…, disuruh mandi maka saya mandi, disuruh langsung pulang sehabis sekolah jangan keluyuran, maka saya pun segera pulang…, bahkan saya mempunyai trik agar bisa dipercepat hajat saya… yaitu “sebelum ibu saya memerintah saya sudah siap sedia, bahkan sudah beres perintahnya…” maksudnya gini… saya tahu benar setiap pagi pasti saya akan disuruh “menyapu dan mengepel” (itu rutin setiap pagi), jadi sebelum ibu saya menyuruh saya.., nah saya sudah kerjakan sebelumnya (sebelum ibu saya nyuruh mengepel, saya sudah mengepel)… bukan satu atau dua pekerjaan, tetapi semuanya… menurut temen-temen gimana respon ibu saya ketika saya melakukan itu semua (selama 1 minggu aja deh dulu…, sukur-sukur seterusnya seperti itu terus)?? pastinya ibu saya akan senang… karena seorang ibu memiliki bahasa bathin kepada anaknya…, maka ibu kita pun akan faham kenapa saya berbuat seperti ini…, sebelum saya mengutarakan keinginan saya, maka ibu saya segera mendekati saya dan berkata “wahai anakku, ibu sayang kepada kamu.., kamu mau apa nak??”…. nah dalam suasana seperti ini… langsung deh saya berkata “saya mau mainan mobil-mobilan ibundaku sayang…” he2… kira-kira apa yang terjadi yah?? (kalau bahasa Allah mah ‘Kun Fayakun’, ‘jadilah’ maka ‘terjadilah’).

subhanallah… seharusnya ini menjadi sebuah ‘ILMU’ dan ‘METODE’ buat kita…, karena apa??, karena kejadian ini akan terjadi kepada siapa saja dan secara berulang-ulang kepada siapa saja yang mau mengikuti cara ini…. Allahu Akbar…!!!

ilustrasi diatas ialah kepada ‘seorang ibu pada anaknya’…, alias ‘makhluk kepada makhluk’… sedangkan kita sama-sama tahu bahwa makhluk itu penuh keterbatasan dan tak berdaya, kekuatannya apa sih??….

Allah… Sumber dari segala sumber rizki yang ada di seluruh jagad raya…, Raja dari segala Raja jagad raya…, semua total milik Allah… semua total tunduk kepada Allah… Allahu Akbar…

bagaimana ceritanya yah ketika metode yang saya pakai kepada orang tua (ibu) saya, saya terapkan kepada Allah….?? Subhanallah…, Allahu akbar…. “seorang ibu dapat menghargai usaha anaknya”, seorang makhluk diberi rasa kepada makhluk lain…, bagaimana dengan Allah?? Allah lah yang Maha Menghargai setiap usaha makhluk-makhluk-Nya yang ia ciptakan…, karena Allah yang menciptakan kita, tentu saja Allah lah yang paling mengetahui dan paling menghargai diri ini dari siapapun…., tidak usah berpanjang lebar dan berbasa basi lagi…, coba aja buktikan sendiri 1 minggu aja deh, 1 bulan aja deh… pasti kerasa banget-banget… lebih-lebih lagi kita konsisten kepada Allah seumur hidup kita, nurut sama Allah, jalankan semua perintah Allah… sukur-sukur sebelum Allah nyuruh kita udah melaksanakan dan siap sedia (kan ilustrasi diatas gitu klo pengen cepet dapet maenan mobil-mobilan)… loh maksudnya gimana ini?? gini maksudnya.., kan sudah pasti tuh setiap waktu kita disuruh, allah memerintahkan sholat 5 waktu…, nah sebelum Allah nyuruh kita udah standby, sebelum Allah manggil kita untuk sholat nah kita udah standby di masjid…, pas Allah bilang “hayya ala sholat…!!” ayo kita sholat!!, kita jawab :”saya udah disini dari tadi ya Allah..!!, di masjid ini dari tadi loh!! he2… mantep kan??

bagaimana ceritanya jika kita mentokin beribadah ke Allah, maksudnya gini…, selain yang wajib-wajib kita kerjakan tepat waktu…, nah yang sunnah-sunnah pun kita tidak mau ketinggalan…, seperti sholat tahajud, dhuha, membaca al-quran, puasa senin kamis/daud, sedekah, membantu orang yang kesusahan…., dan melakukan apapun yang Allah sukai…. hasilnya apa?? subhanallah… tak heran baginda Rasulullah saw Allah jadikan makhluk termulia dari semua makhluk…, tak heran Allah sendiri yang menawari Rasulullah saw menjadi seorang raja yang akan dilimpahi harta yang berlimpah, tak heran Allah menawari suatu gunung yang akan dijadikan emas untuk Rasulullah saw…. subhanallah…, Allahu Akbar… Allah mengerti benar kepada Makhluk-Nya, Allah menghargai benar usaha makhluk-Nya…, tak heran sebelum Rasulullah meminta…, semua disodorkan Allah…. dan tak heran semua kemauan Rasulullah, do’a rasulullah semua di ijabah seketika…. ‘ada saat-saat do’a rasulullah memang tidak diijabah Allah, karena itu memang kasih sayang Allah…, Allah Maha Tahu atas segala sesuatu yang baik dan buruk nya suatu keinginan kita…..

seorang ibu berkata kepada anaknya di ilustrasi diatas : “wahai anakku, ibu sayang kepada kamu.., kamu mau apa nak??”, bagaimana dengan Allah??

sepertinya pembahasannya panjang banget yah??, takut melenceng nih dari tema kenapa saya belum menikah? he2… saya pengen cerita sedikit pengalaman…. sepertinya temen-temen suka yah klo saya nulis pengalaman saya??, sebagian menjawab ‘enak didongengin’ sebagai teman tidur… berarti alhamdulillah ^_^… sebagian lagi berkata ‘lumayan buat pengalaman’ alhamdulillah juga… yang penting tulisan-tulisan saya ada manfaatnya… dan mudah-mudahan ini menjadi amal juga buat saya untuk nambah-nambah pahala untuk pemberat timbangan pahala ketika amal saya ditimbang bersama dosa-dosa saya kelak… amin.

saya edi sutisna (facebook : http://www.facebook.com/edi.sutisna.kerens) kata sebagian temen-temen…, tidak berusaha mencari calon istri karena terlalu sibuk mengurusi organisasi atau kerjaan atau lain-lain… saya katakan tidak!! (makanya ini saya mau cerita disini, biar clear aja…)

kalau temen-temen semua mengetahui alur-alur perjalanan seorang edi sutisna.., mungkin agak sedikit kaget mungkin…, “loh kok bisa mas??” iya tenang dulu dong…, ini juga mau diceritakan he2… “coba mas ceritakan, saya pengen denger nih…!!”… iya makanya.., km dengerin aja yah?? jangan banyak koment dulu.., nanti klo saya suruh koment, baru deh kamu koment yah??, “oke deh mas!!” tuh kan koment lagi, kan belum saya suruh…, “oh.. gitu yah..”, iya udah, diem dulu.. tar gak kelar-kelar nih tulisan…. (maap yah temen-temen itu kembaran saya bawel nya minta ampun…. ^_^ maap yah…). lanjut deh…

kalau saya ingat-ingat… sepertinya saya sudah 7 kali melamar orang (wanita) untuk saya jadikan sebagai istri…, gitu deh ke-7 tujuhnya semuanya ditolak he2… yah gimana lagi kalau Allah belum mengizinkan siapapun atau apapun tak akan bisa melawan kehendak Allah…, namanya juga usaha yah?? dan saya sakin semua ini pasti mengandung banyak hikmah buat saya…

LAMARAN 1
sepertinya ketika SMA (dipondok pesantren sukabumi) saya menyukai seorang gadis asal bandung…, waktu itu saya baru berumur sekitar belasan tahun…, saya terinspirasi oleh ayah saya, yang ketika ayah saya menikah umur 21 tahun…, ceritanya saya gak mau nih, gak mau keduluan dengan ayah saya…, maka saya lapor ke ayah saya ‘ingin menikah’… ayah saya tertawa-tawa dan berkata ‘yah silahkan saja, asal usaha sendiri…’, waktu itu saya tidak mengerti kenapa ayah saya tertawa-tawa…, dan saya langsung memberanikan diri untuk melamar sang gadis…., saya susul ke bandung…

subhanallah… sampai sekarang… jika saya ingat kejadian tersebut ‘saya jadi tertawa sendiri… he2..’ kejadian lucu…, dan subhanallah sekali.., dengan bermodalkan kertas alamat satu lembar.. saya sampai persis didepan pintu rumahnya si gadis…., gadis itu pun kaget karena sebelumnya saya tidak memberitahukannya he2… seberani itukah saya?? he2.. saya juga mungkin gak sadar kali yah??, namanya juga anak masih bau kencur… gak memikirkan dampak baik dan buruk sesudah nya… tapi alhamdulillah bandung – jakarta selamat sampai di tujuan PP.

ketika sampai dirumah beliau…, saya dihadapkan dengan ayah sang calon mertua… sempat tegang sedikit tapi itu bukan suatu halangan buat saya waktu itu…, karena menurut saya niat saya ini baik-baik.. itulah yang menguatkan saya waktu itu.

sang calon mertua menyodorkan beberapa pertanyaan, pertanyaan klasik yang sering ditanya kepada sang calon mertua kepada calon menantu… tetapi lagi-lagi subhanallah… saya dihadapkan dengan seorang calon mertua yang bijak… sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak mengenakan yang membuat saya trauma (karena biasanya seorang pemuda bau kencur gampang trauma karena kejadian-kejadian yang tidak mengenakan). sang calon mertua bertanya “orang tua kamu sudah tahu??”, saya jawab ‘sudah’, “apa kata orang tua kamu”, saya jawab ‘itu terserah saya orang tua saya mendukung, asal saya berusaha sendiri’…, pertanyaan kedua dari sang calon mertua ialah :”kamu sekarang sudah bekerja???”, saya jawab ‘belum pak!!’…, sang calon mertua menjelaskan panjang lebar… “kalau ingin membentuk rumah tangga haruslah dibarengi dengan usaha kerja yang menghasilkan uang untuk kebutuhan sehari-hari kamu dan istri kamu… untuk kedepannya.., anak kamu pun harus kamu nafkahi, dan nafkah itu wajib buat kamu….” katanya… dst….dst…. panjang lebar menjelaskan kepada saya, dan alhamdulillah saya pun mengerti…, padahal tadinya belum mengerti sama sekali yang seperti itu… (subhanallah dapet ilmu dari pengalaman….)

wa’hasil saya pulang dengan membawa ilmu “kalau ingin menikah yah saya kerja dulu…” sampai akhirnya lambat laun saya tidak memikirkan pernikahan sampai saya mempunyai pekerjaan yang menghasilkan uang…. subhanallah… waktu adalah waktu…. seiring berjalannya waktu… saya lulus dan lupa kepada wanita bandung tersebut… he2.. aneh tapi nyata…, padahal ketemunya juga cuman 2 kali dengan wanita bandung itu di pondok… sampai sekarang pun saya lupa namanya siapa…, mungkinkah kamu ingat wahai wanita bandung kepada saya???

LAMARAN 2
ketika awal-awal kuliah (mungkin sekitar semester dua)… waktu itu saya sudah memiliki rental pengetikan di depan kampus saya sendiri (untuk menyiasati agar bisa bayaran kuliah…) jarang pulang, mandi di kampus, makan dikampus, kuliah dikampus he2…. kadang-kadang tidur pun dikampus.., karena ada TV nya… mayan nebeng nonton TV dikampus…

waktu itu memang saya ditakdirkan menjadi penguasa laboratorium komputer he2 (maksudnya jadi assisten lab komputer, kunci lab saya yang megang…) mayan ada AC buat tidur, ‘adem’….

suatu ketika saya terhenyak… terhentak… dengan jilbab panjang dan sedikit-sedikit berkata ‘subhanallah’… sedikit-sedikit membuka al-qur’an… sedikit-sedikit berkata ‘allah’…

ada suatu moment yang tidak bisa terlupakan sampai saat ini didalam memory saya.., ketika…. subhanallah… biarpun saya waktu itu ‘serabutan’, istilah katanya mah asoy geboy aja, cuekan, gak tau malu mungkin… tetapi saya dianugerahi oleh Allah otak yang lumayan ‘encer’ he2… (saya berlindung kepada Allah dari sifat sombong…) suatu ketika banyak yang private kepada saya soal mata pelajaran kuliah… janjian biasanya jam 07.00 pagi (untuk private)… suatu ketika saya datang jam 06.30 pagi… saya mendengar suara merdu melantunkan ayat-ayat Allah (al-Qur’an), tapi saya bingung suara itu dari mana?? saya mencari-cari dan saya dapati si wanita ini sedang melantunkan ayat Allah… Allah menggerakan air mata saya sampai bercucuran begitu derasnya… dan saya tidak mengerti kenapa ini?? apa yang terjadi??, Allah menggerakan hati saya begitu damai dan tenang… subhanallah air mata saya bercucuran deras…. saat itu ingggiiinnnnn sekali saya memeluknya dan mendekap nya dengan erat karena rasa sayang nya begitu besar bergejolak tiba-tiba saat itu…. (tapi bukan mukhrim yah?? tar saya kena tabok/tampar….) ini lah moment itu… subhanallah…

saya memberanikan diri dan mencari-cari waktu yang pas untuk mengutarakan bahwa saya ingin melamar dia…. (waktu itu saya mempunyai target, paling telat saya harus sudah menikah umur 21 tahun…, karena ayah saya 21 tahun sudah menikah…., saya lupa waktu itu umur berapa, mungkin sekitar umur 20-an).

akhirnya ketemu juga moment yang pas untuk mengutarakan mau melamar…., saya bilang ke dia saya mau melamar, kalau bisa besok saya datang ke rumah…, wanita itu pun terdiam…, yang saya tangkep waktu itu ialah ‘diam berarti iya’, ‘kalau dia nolak berarti dia menjawab tidak’… ini lah mungkin bahasa wanita… dan ke esokan harinya saya berkunjung ke rumahnya untuk melaksanakan hajat saya untuk melamar…., oleh sang calon mertua hanya satu pertanyaan yang membuat saya tidak berkutik…. “saya sih setuju saja anak saya kamu nikahkan, tapi saya mau anak saya menyelesaikan kuliahnya dulu baru saya mengizinkan dia menikah….” kata sang calon mertua…. subhanallah… saya tidak bisa berkata-kata kecuali mengiyakan saja dan pulang.

lambat laun saya lulus… dan gadis itu belum lulus… saya gak tahu harus menunggu atau tidak?? yang jelas saya menyibukan diri untuk mencari duit… dan sampai akhirnya saya mempunyai perusahaan sendiri dan kesibukan saya di luar kota melupakan wanita tersebut…. sampai akhirnya wanita itu sekrang berada di luar negeri untuk melanjutkan kuliah nya kembali…. subhanallah… inilah perjalanan yang memang Allah merancang semuanya…

LAMARAN 3
singkat cerita saya bertemu dengan anak orang kaya…, ayahnya didektur pertamina saat itu… uang sudah saya siapkan dengan cukup.., bahkan menurut saya lebih… suatu ketika saya langsung melamar sang gadis… rencana pernikahan sekitar 6 bulan… subhanallah… detik-detik menjelang pernikahan, yaitu sekitar 1 bulan sebelum menikah…, perusahaan saya bangkrut total yang merugikan ratusan juta rupiah, bahkan saya mempunyai hutang yang begitu banyak untuk menebus segala sesuatunya di perusahaan… subhanallah inilah moment buat saya yang memang moment saya harus jatuh tersungkur dari ketinggian…, bukan sekedar jatuh, bahkan tertimpa tangga yang saya naiki pula… subhanallah.. sang calon mertua beralih 180 derajat, menolak saya sebagai menantunya lantaran perusahaan saya bangkrut dan jatuh miskin… subhanallah (inilah bukti bahwa menikah dengan menggunakan duit…, kalau Allah tidak berkenan yah tidak akan jadi….)

masih banyak sih ceritanya (sampai lamaran ke 7), tapi tangan saya pengel nih ngetiknya… capex… boleh lanjut jika temen-temen mau ngetik?? he2… maap becanda…

alhamdulillah dengan semua kejadian ini beribu-ribu hikmah terkuak didalamnya… sampai saya menemukan Allah disini…. dihati ini…. ‘TAUHID ITU PENTING’

alhamdulillah.. subhanallah… seiring waktu berjalan… lambat laun kehidupan saya pun normal, bahkan lebih baik dari sebelumnya…, lebih baik ketimbang punya duit banyak… sekarang saya sudah punya Allah…. Allah terima kasih yah…. (hutang sudah lunas…, kehidupan pun dipenuhi dengan Allah didada ini)

dalam 6 bulan terakhir kemarin saya pengen pasang badan… saya ingin menikah… ‘tentu saja dengan Allah, bukan dengan uang’… saya kosongkan semua tabungan saya… (saya pinjamkan ke Allah). subhanallah… temen-temen tahu apa yang terjadi??, mau tahu??, pernah melihat seorang pria dilamar oleh seorang wanita??…. subhanallah inilah yang terjadi pada diri saya… saya dilamar oleh tetangga saya… subhanallah saat itu saya kaget dan merasa belum siap, karena dia maunya dipercepat…, saya nya masih merasa bimbang…. akhirnya tidak jadi menikah he2 (ini namanya takdir Allah juga…., mungkin Allah pengen nunjukin ke saya…. Kunfayakun…!!)

subhanallah.. Allahu akbar…. bukan sampai disitu saja… empat bulan terakhir pun saya sering didatangi para orang tua yang minta anaknya dilamar, para gadis sms minta di lamar, bahkan tidak sedikit email saya dipenuhi dengan tawaran menikah dengan seseorang (ada juga dari para anggota CPA http://www.club-pecinta-alquran.com/ ini , saya gak mau menyebutkan berapa orang, takut saya terbesit sifat sombong (saya berlindung kepada Allah dari sifata sombong yang secara halus, Allah ampun…) saya cuman ingin membagi pengalaman bahwa jika Allah menghendaki ‘terjadi’ maka terjadilah….

sampai detik ini sudah lebih 1 bulan dari target menikah 6 bulan sekarang sudah 7 bulan…, tapi saya belum menikah…, awalnya target umur 21 ingin menikah sekarang sudah mencapai umur 27 tahun belum menikah… he2… sudah tua yah?? gpp… semua nya juga kehendak Allah… saya mah gak bisa berbuat apa-apa??, apa sih yang bisa saya perbuat klo Allah belum mengizinkan???

tadi pagi ada titipan uang beberapa juta rupiah untuk saya dari teman saya… diamanatkan untuk saya, untuk modal nikah… biar saya percaya diri katanya… alhamdulillah ini juga Allah yang menggerakan. rencana bulan depan akhir saya akan melamar seseorang… saya memohon kepada Allah dengan uang 4 juta rupiah saya dapat dimudahkan untuk menikah. amin.

mohon do’anya juga bagi temen-temen yang membaca tulisan ini agar mendo’akan saya agar dimudahkan oleh Allah dalam urusan menikah… hitung-hitung sebagai hadiah untuk saya yah… terima kasih….

semoga Allah ridho kepada kita…. assalamu’alaikum wrwb…

Kiriman Pembaca

Artikel : http://mediasalafi.com/

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: