jump to navigation

Dikit Tips Komunikasi Efektif dengan Anak 12 Maret 2011

Posted by jihadsabili in anak.
trackback

Dikit Tips Komunikasi Efektif dengan Anak

Pengetahuan dan teori yang banyak terkadang tidaklah  mencukupi untuk menjadi komunikan yang baik kepada anak-anak. Di sini saya coba terjemahkan secara bebas sebuah artikel dar eHow.com tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan siswa. Selamat menyimak, semoga bermanfaat.

1. Face to Face

Yang paling penting dari komunikasi adalah terjadinya kontak mata antara anda dengan siswa anda. Kesan yang siswa anda tangkap tentang anda saat anda  melakukan kontak mata dengan mereka adalah ‘wah saya sungguh berarti bagi guru saya, buktinya pak guru sangat peduli kepada saya’

2. Youth Talk

Boleh lah kita menggunkan kata-kata yang berasal dari bahasa gaul mereka, selama kata-kata tersebut tetap dalam batas-batas kesopanan.

3. On Their Level

Postur atau gaya tubuh anda haruslah dalam kesan informal, bukan menggagahi mereka yang mana hal tersebut akan membuat mereka merasa terintimidasi dan enggan melanjutkan diskusi.

4. Don’t Interrupt

Jika seorang anak mencoba berbagi cerita akan hal yang mereka rasa adalah sebuah kesulitan, atau menyakitkan, berilah mereka waktu untuk melepaskan bebannya dan menentramkan hatinya. Jika anda memotong pembicaraannya, atau anda memberikan pendapat anda sebelum mereka memintanya, akan sangat mungkin anda tidak mendapat informasi yang sangat berharga yaitu, apa yang sebenarnya ada di dalam benak mereka.

5. No Judging

Untuk tidak menghakimi merupakan hal yang sulit terutama bagi seorang guru yang mana salah satu kompetensinya adalah sebagai seorang yang bertugas mendisiplinkan siswa Jika seorang siswa. Terimalah apa yang mereka lontarkan, dengarkan, dan jika memang apa yang  ia sampaikan belum tepat, cukup katakana, ‘terimakasiH Ahmad, ada yang punya jawaban selain Ahmad?’. Dengan begitu insya Allaah siswa atau anak anda tidak merasa kecil hati dan tetap bersemangat untuk berpendapat di lain kesempatan

 

Read more: Effective Ways to Communicate With Students | eHow.com

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: