jump to navigation

10 Nasehat Untukmu Ukhti Muslimah,Sebelum Engkau Menikah. 29 Januari 2011

Posted by jihadsabili in munakahat, muslimah, nasehat.
trackback

10 Nasehat Untukmu Ukhti Muslimah,Sebelum Engkau Menikah.

‘Amr bin Hajar,Raja Kindah,meminang Ummu Ayyas binti ‘Auf.Ketika dia akan di bawa kepd suaminya,ibunya,Umamah binti al-Haris menemui puterinya lalu berpesan kepadanya:

”Wahai Puteriku,engkau berpisah dengan suasana yg darinya engkau keluar,dan engkau beralih pada kehidupan yg di dalamnya engkau naik untuk orang yg lalai dan membantu orang yg berakal.Seandainya wanita tidak membutuhkan suami karena kedua orang tuanya masih cukup dan keduanya sangat membutuhkannya,niscaya akulah orang yg paling tidak membutuhkannya.Tetapi kamu wanita di ciptakan untuk laki2,dan karena mereka pula laki2 di ciptakan.

Wahai puteriku,,,sesungguhnya engkau berpisah dengan suasana yg darinya engkau keluar dan engkau berganti kehidupan,didalamnya engkau naik kepada keluarga yg belum engkau kenal dan teman yg engkau belum terbiasa dengannya.Ia dengan kekuasaannya menjadi pengawas dan raja atasmu.Maka jadilah engkau sebagai abdi,niscaya ia menjadi abdimu pula.
peliharalah untuknya 10 perkara,niscaya ini menjadi kekayaan bagimu.

Pertama dan Kedua,Tunduk kepadanya dengan qana’ah (merasa cukup),serta mendengar dan patuh kepadanya dlm hal yg Ma’ruf.

Ketiga dan Keempat:Memperhatikan Mata dan Hidungnya.Jangan sampai matanya melihat suatu keburukan darimu,dan jangan sampai mencium darimu kecuali aroma yg paling harum.

Kelima dan Ke Enam:Memperhatikan Tidur dan Makannya.Karena Terlambat makan akan bergejolak dan menggagalkan tidur itu membuat orang marah.

Ketujuh dan ke Delapan:Menjaga hartanya dan memelihara keluarga dan kerabatnya.Inti perkara berkenaan dengan harta ialah menghargainya dengan baik,sedangkan berkenaan dengan keluarga ialah mengaturnya dengan baik.

Kesembilan dan Kesepuluh,Jangan Menentang perintahnya dan jangan menyebarkan rahasianya.Karena jika engkau menyelisihi perintahnya,maka hatinya menjadi kesal dan jika engkau menyebarkan rahasianya,maka engkau tidak merasa aman terhadap pengkhianatannya.
kemudian janganlah engkau bergembira dihadapannya ketika dia bersedih,dan Jangan Pula Bersedih di hadapannya ketika dia bergembira.”

Itulah nasehat ibu Nak,Jadikan Ia Bingkisan Istimewa Yg akan Kau Jaga Selama Hidup Dengan Suamimu.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: