jump to navigation

Bedak di Area Intim Picu Kanker 6 Januari 2011

Posted by jihadsabili in kesehatan, muslimah.
trackback

Bedak di Area Intim Picu Kanker

 

Menaburkan bedak tabur (talcum powder) ke sekujur tubuh usai mandi akan menambah kesegaran dan wangi tubuh. Agaknya tak banyak yang tak menyadari bahwa kebiasaan itu berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Tim peneliti dari Harvard Medical School, Boston, menemukan, penggunaan bedah tabur pada tubuh bisa memicu kanker. Partikel bedak yang menempel di area genital dapat masuk ke dalam tubuh dan memicu peradangan serta perkembangan sel kanker. 

Dalam paparan hasil studi mereka disebut bahwa penggunaan bedak tabur pada tubuh meningkatkan risiko tumor ovarium dan endometrium. Di Inggris dan Wales, dua jenis kanker ini telah membunuh sekitar 1.000 wanita per tahun.

Para peneliti juga mempelajari efek buruk bedak tabur pada wanita menopause. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Cancer Epidemiologi, Biomarkers & Prevention itu menyimpulkan wanita menopause yang memiliki kebiasaan menaburkan beda tabur ke area genital memiliki risiko lebih besar mengidap kanker.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, studi tersebut menunjukkan bahwa wanita mulai menggunakan bedak pada usia dini dan terus menggunakannya selama puluhan tahun. Wanita yang menggunakan bedak sekali dalam seminggu memiliki risiko 24 persen terkena kanker pascamenopause.

Dari 66 ribu responden wanita yang menggunakan bedak di area genital mereka sejak 1980-an, 600 di antaranya terbukti mengidap kanker rahim. Penelitian lain bahkan menyebut, penggunaan bedak di segala usia meningkatkan risiko kanker ovarium hingga 41 persen.

Bedak terbuat dari mineral magnesium silikat lembut disebut hydrous sebagai bahan alami. Dalam tataran kimia, hydrous setara dengan kimia asbes. Bahan ini kemudian dihancurkan menjadi serbuk lalu  digunakan dalam jutaan produk kosmetik wanita. Akibatnya, saat masuk ke dalam tubuh, bahan kimia akan memicu kanker paru-paru yang disebut mesothelioma, tumor di saluran panggul dan genital.
Satu partikel bedak yang menempel di organ, misalnya paru-paru membutuhkan waktu selama delapan tahun untuk dihancurkan.

Jessica Harris, dari Cancer Research Inggris menambahkan, penelitian ada penelitian lanjutan untuk memperdalam hubungan detail penggunaan bedak tabur di area genital dan gangguan kanker endometrium. “Cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker endometrium adalah dengan menjaga berat badan sehat,” katanya.

sumber : vivanews.com (pet)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: