jump to navigation

Gembira Berjumpa Dengan Allah 28 Desember 2010

Posted by jihadsabili in kematian, nasehat.
trackback

Gembira Berjumpa Dengan Allah

Dari Aisyah radhiallahu anha dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ أَحَبَّ لِقَاءَ اللَّهِ أَحَبَّ اللَّهُ لِقَاءَهُ وَمَنْ كَرِهَ لِقَاءَ اللَّهِ كَرِهَ اللَّهُ لِقَاءَهُ فَقُلْتُ يَا نَبِيَّ اللَّهِ أَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ فَكُلُّنَا نَكْرَهُ الْمَوْتَ فَقَالَ لَيْسَ كَذَلِكِ وَلَكِنَّ الْمُؤْمِنَ إِذَا بُشِّرَ بِرَحْمَةِ اللَّهِ وَرِضْوَانِهِ وَجَنَّتِهِ أَحَبَّ لِقَاءَ اللَّهِ فَأَحَبَّ اللَّهُ لِقَاءَهُ وَإِنَّ الْكَافِرَ إِذَا بُشِّرَ بِعَذَابِ اللَّهِ وَسَخَطِهِ كَرِهَ لِقَاءَ اللَّهِ وَكَرِهَ اللَّهُ لِقَاءَهُ
“Barangsiapa senang berjumpa dengan Allah, maka Allah pun senang berjumpa dengannya dan barangsiapa yang benci berjumpa dengan Allah, maka Allahpun benci berjumpa dengannya.” Lalu aku bertanya, “Wahai Rasulullah, kalau masalah benci kepada kematian, setiap kita tentu membenci kematian?” Beliau bersabda, “Bukan begitu, akan tetapi seorang mukmin apabila telah diberi kabar gembira dengan rahmat dan keridhaan Allah, maka ia senang berjumpa dengan Allah dan Allah pun senang berjumpa dengannya. Dan sesungguhnya orang kafir apabila telah diberi kabar dengan siksaan dan murka Allah, maka ia benci berjumpa dengan Allah dan Allah pun benci berjumpa dengannya.” (HR. Al-Bukhari no. 6026 dan Muslim no. 2684)
Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِذَا وُضِعَتْ الْجِنَازَةُ وَاحْتَمَلَهَا الرِّجَالُ عَلَى أَعْنَاقِهِمْ فَإِنْ كَانَتْ صَالِحَةً قَالَتْ قَدِّمُونِي وَإِنْ كَانَتْ غَيْرَ صَالِحَةٍ قَالَتْ يَا وَيْلَهَا أَيْنَ يَذْهَبُونَ بِهَا يَسْمَعُ صَوْتَهَا كُلُّ شَيْءٍ إِلَّا الْإِنْسَانَ وَلَوْ سَمِعَهُ صَعِقَ
“Jika jenazah telah diletakkan lalu dibawa oleh para laki-laki di atas pundak mereka, maka jika jenazah tersebut adalah orang yang saleh maka dia berkata, “Percepat saya.” Dan jika ia bukan orang saleh, maka dia berkata, “Celaka, kemana mereka akan membawanya (yakni: dirinya)?” Suara jenazah itu akan didengar oleh setiap makhluk kecuali manusia, dan seandainya manusia mendengarnya niscaya dia akan jatuh pingsan”. (HR. Al-Bukhari no. 1316)

Penjelasan ringkas:
Balasan disesuaikan dengan jenis amalan dan Allah akan memperlakukan seorang hamba sebagaimana dia memperlakukan Allah. Karenanya Allah sangat cinta untuk bertemu dengan orang yang cinta bertemu dengan-Nya. Dan sebaliknya siapa yang benci bertemu dengan Allah maka Allah juga benci bertemu dengannya. Di antara bentuk cinta bertemu dengan Allah adalah cinta untuk mendapatkan rahmat dan keridhaan Allah. Dan di antara bentuk benci bertemu dengan Allah adalah benci bertemu dengan siksaan dan murka-Nya karena dia adalah orang yang kafir kepada-Nya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: